MANFAAT DAUN SEMBUNG

Manfaat Daun Srmbung
====================


Daun sembung sudah lama di ketahui dari beberapa daerah yang menggunakan daun sembung sebagai Obat Titan Gel dan sebagai obat obatan lainnya . Apa yang biasa kita lakukan ketika tiba-tiba terserang sakit ringan seperti flu? Bersin-bersin dan sakit kepala yang hebat melanda, disertai batuk berdahak yang membuat tenggorokan sakit. Jika sedang mengalami hal tersebut, biasanya kita akan segera mencari persediaan obat yang kita simpan, entah di lemari atau di kotak obat khusus.

Kita menelan pil tersebut atau meminum cairan obat yang telah dikenal ampuh untuk menyembuhkan flu. Hal itu memang cara yang tepat untuk mengatasinya, namun tahukah Anda bahwa ada obat alamiah yang juga ampuh untuk mengatasi flu? Tanaman tradisional ini telah terbukti khasiatnya dari sejak zaman nenek moyang kita, yaitu daun sembung.

Mungkin ada banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu daun sembung. Daun sembung mempunyai nama ilmiah Blumea balsamifera dan termasuk tanaman perdu atau semak. Biasanya daun sembung tumbuh liar di dataran-dataran rendah dan tersebar d Indonesia dan seluruh Asia tenggara. Selain nama sembung, di Indonesia tanaman ini mempunyai bermacam-macam nama. Di Sunda, orang menyebutnya sembung utan, di Madura nama yang dikenal adalah kamandhin, di Sumatra, capa atau capo lebih dikenal, sementara di Ternate, sembung disebut dengan apompase atau mandikapu.

Manfaat Daun Sembung untuk Obat

Bagaimana bentuk daun sembung itu sendiri? Tanaman perdu ini biasanya tumbuh hingga mencapai tinggi 4 m. Tegak lurus dan mempunyai rambut halus. Daun di bagian bawah tanaman ini bertangkai, sementara bagian atasnya berseling-seling daun yang merunduk dengan bentuk bundar seperti telur dan lonjong. Bagian pangkal daun dan ujungnya lancip, pinggirannya bergerigi. Pada tangkai daunnya sendiri biasanya terdapat dua sampai 3 daun tambahan. Bagian atas permukaan daunnya sedikit kasar, tetapi bagian bawahnya halus bagai beludru. Sembung mempunyai bunga berwarna kuning yang muncul di pucuk cabangnya.

Komentar